Kamis, 21 April 2011

awal profesi....

Comments

kesan pertama begitu indah...kesan kedua ... terserah anda

Menjelang 5 minggu menapaki perjalanan profesi untuk gerbong I (KMB), terasa kembali ke dunia keikhlasan dalam melayani pasien, disamping memantapkan ilmu dan keahlian yang telah didapat. Maklum setelah lama (7 tahun) meninggalkan jejak keilmuan dan praktikum, terasa kaku dan ragu-ragu dalam bertindak, berbeda dengan beberapa teman yang memang setelah D-III menapaki kehidupannya di rumah sakit/puskesmas, dengan beragam pengetahuan, skill dan keberanian diri yang telah tertanam sejak di tempat tugas. Tapi itu bukan merupakan hal surut, karena setiap orang berbeda cara pembawaannya dan keahliannya, dan semakin banyak sharing, semakin banyak kesempatan yang kita dapatkan.
trus gimana pengalamannya....
tidak menafikan teman-teman yang tidak lanjutkan profesi Ners, saya cukup percaya bahwa profesi membawa perubahan yang signifikan, terhadap teori dan praktikum dan lebih mempertajam sebuah keilmuan dengan kondisi riil pasien. sehingga kelanjutan seorang perawat untuk menapaki profesi sangatlah diharuskan, dimana ada beberapa landasan kritis yang memang harus menjadi bahan diskusi bersama dalam sebuah perawatan baik itu di ruangan rumah sakit/puskesmas maupun di masyarakat.
keberagaman pendapat teman2 akan kelangsungan sebuah profesi (keragu-raguan) memang menjadi suatu hal yang wajar, karena regulasi akan profesi belum sepenuhnya jelas, namun seyogyanya bahwa menapaki jenjang profesi akan membawa kita akan sebuah kebanggan akan realitas kehidupan kita sebagai pengemban amanah "profesi" khususnya perawat.
kabar angin sebelum memulai profesi menyatakan bahwa profesi itu berat dan banyak tantangannya, namun yang terjadi.... bahhh.. santainya, tapi... eitsss itu tergantung dari rumah sakitnya... hehehe... okelah walaupun santai apapun tetapi pemikiran kritis akan perkembangan penyakit pasien tetap harus terfokus, hal ini sejalan dengan amanat profesi yang harus dijalankan sesuai dengan kaidah keilmuan dan "critical thinking".
suka dukanya memang ada pada setiap tantangan, yah... namanya juga menuntut ilmu apalagi dalam kebersamaan kelompok... tidak terbayangkan kehebohannya...
semoga profesi membawa kesegaran dalam berfikir dan bertindak.. hidup profesi dan hidup perawat....
Prev Prev Home