Kamis, 20 Mei 2010

Hebatnya Mata Kuliah IT

2 komentar

Kelas Ners B, Program Studi Keperawatan FK Unhas Makassar Angkatan 2009, dalam seminggu ini disibukan dengan evaluasi mata kuliah Informasi Teknologi. Sungguh pemandangan yang tidak biasanya dari seluruh teman-teman kelas. Ketertarikan dan kebutuhan akan mata kuliah Informasi teknologi telah membuat teman-teman berusaha untuk melakukan yang terbaik. Sesuai dengan evaluasi kompetensi akhir dari mata kuliah IT, diharapkan teman-teman Ners B mampu mengikuti arus informasi teknologi yang sementara merajalela di seantero dunia. Tidak terasa memang, namun jerih payah teman-teman sungguh luar biasa...

Ners B merupakan kelas Non Reguler yang digagas oleh Prog. Studi Keperawatan untuk menampung lulusan D-III keperawatan, baik yang sudah tercatat sebagai Pegawai Negeri (Sipil/Militer) ataupun kaum muda yang lulusan D-III Keperawatan. dari komunitas ini terdapat variasi usia yang berbeda, ada yang paling muda dan ada yang sudah "dewasa tua". Namun semua menjadi satu dalam kebersamaan dan kekeluargaan.

untuk diketahui, bahwa mata kuliah Informasi Teknologi yang disajikan untuk Ners B berupa; teknik pencarian (Google, Yahoo), Mailing List (Yahoo), Blog (bloger/blogspot,Multiply,WordPress), Microsoft Office (Word,Excell,Publisher), Pengantar SPSS, e-mail (Yahoo,Google), Download Video (YouTube,Keepvid). dengan maksimal 16 kali pertemuan.

dari seluruh item mata kuliah yang paling menarik adalah pembuatan blog dengan blogspot. siang dan malam teman-teman selalu mengupdate blog-nya dengan laptopnya masing-masing di hotspot cafe dan ada juga yang di warnet untuk menyelesaikan kemampuannya. aktivitas ini membuat semua pembicaraan mengarah ke widget/gadget dan template yang notabene adalah salah satu unsur penunjang isi blog. sementara postingan blog, mereka masih belum terlalu fokus untuk mengisinya (weh, loh kog gitu). yah begitulah, teman-teman masih ingin melihat tampilan sebagai salah satu variasi yang perlu untuk dipandang sebagai ketertarikan orang mengunjungi blog mereka. namun sebenarnya update postingan adalah yang paling penting untuk mengekspresikan pikiran dan mengisi tema-tema baru baik secara umum ataupun tema-tema keperawatan yang notabene diperlukan untuk menambah khasanah ilmu keperawatan.

di kelas sendiri, suasana makin diam dengan mencari tahu merubah widget dan template, kadang mata kuliah yang lain tidak lagi menjadi keinginan yang primer. teman-teman cuek untuk menerima mata kuliah karena terlalu teringat-ingat di memory kepala untuk melanjutkan pengalaman dan penemuan mereka akan widget dan template. karena signal WiFi di kelas putus-putus, sampai-sampai ICT Kedokteran dibanjiri semua teman-teman Ners B dalam seminggu ini. bahkan di kelas juga dibuat kelompok kecil untuk kuliah tambahan tentang mengisi blog oleh Pakar-pakar blog Ners B. selain itu yang paling saya kagumi, setelah pulang kuliah teman-teman langsung menuju ke hotspot cafe untuk menuntaskan penemuan mereka dan bertahan sampai malam kadang pagi, bayangkan seluruh tenaga dan upaya dihabiskan dengan meng-Update Blog!!!! dari pagi sampai pagi dan berhari-hari..... hebatnya....

Semoga dengan segala upaya dan kerja keras teman-teman dapat membuahkan nilai yang positif besok dalam ujian praktikum mata kuliah IT. selain itu, semoga perkembangan teman-teman tentang blog jangan hanya sampai untuk mengisi ujian saja, namun dapat dimaksimalkan untuk mengisi khasanah ilmu keperawatan ke depan.

Bravo Ners B

2 komentar:

  • 21 Mei 2010 pukul 11.17

    Sangat menarik sekali ulasannya bung Nano. Keep on Blogging dan beritakan pada dunia bahwa Ners tidak hanya sekedar profesi statis tapi juga mampu mengglobal dan selalu up to date dengan kondisi disekelilingnya.

  • 29 Mei 2010 pukul 00.12

    makasih ners 4 support... harapannya semoga IT bisa membawa perubahan dalam pola pikir pengembangan keperawatan ke depan, bukan hanya pelayanan kepada pasien yang ditingkatkan tapi juga kemampuan individu dalam mencari sumber pengetahuan akan dunia keperawatan untuk menunjang pelayanan guna memaksimalkan tingkat kepuasan terhadap pasien. sekali lagi thank atas bimbingannya... moga jaya Ners Community.. Bravo

Posting Komentar

Prev Prev Home