Minggu, 25 April 2010

Ners <==> Mantri/Suster

2 komentar
Glitter Words <==> Mantri/Suster adalah sebutan profesional kepada seorang perawat, dimana diantara kedua istilah/sebutan tersebut sebenarnya tidak ada bedanya, dan tidak perlu untuk dipermasalahkan, namun kiranya menjadi perhatian kepada teman sejawat semua, bahwa identitas yang dipakai adalah tanggung jawab / amanah kepada masyarakat dalam mengimplementasikan ilmu dan amalan sesuai dengan kompetensi profesi yang sesuai dengan kode etik perawat itu sendiri.

Istilah Mantri lebih ngetren di Indonesia semenjak dahulu kala, istilah mantri banyak dipakai di daerah pedesaan walaupun terkadang adapun di daerah kota, jangankan pula tenaga perawat, tenaga kesehatan lainnya juga kalau bertugas ke daerah-daerah, istilah mantri akan melekat padanya, kecuali Dokter yang istilahnya lebih tenar, perawat juga apabila bertugas di Puskesmas pada ruangan pemeriksaan, kadang di masyarakat akan dipanggil dokter, hanya mampu diluruskan pengertiannya oleh teman-teman sejawat. Mantri pada umumnya adalah merupakan tenaga perawat yang berpendidikan dari SPR, SPK sampai kepada AKPER. Mantri juga melekat pada kaum lelaki dan Suster biasanya melekat pada perempuan.

Namun apakah lulusan S1 Keperawatan+Ners juga dapat diistilahkan Mantri/Suster???

Ners adalah sebuah profesi yang ditekuni dan dinilai prosesnya sebagai tuntutan pendidikan keprofesian yang dijalani setelah melaksanakan S1 Keperawatan. Ners adalah salah satu predikat Institusional yang diakui kredibilitasnya oleh seluruh Negara dalam mengistilahkan perawat profesional. Istilah Ners, lebih tenar di dunia pendidikan dan di institusi pelayanan (Rumah Sakit) pada kota-kota besar di Indonesia. Sementara, di mata masyarakat Ners masih terlalu awam untuk diilhami dan di mengerti apa fungsi dan tanggung jawabnya. Untuk istilah Ners masih dipahami oleh teman-teman sejawat dan oleh tenaga-tenaga kesehatan lainnya yang tingkatan pendidikannya setara sarjana/diploma. Namun di masyarakat, yang notabene tingkat pendidikannya rendah dan jauh dari perkembangan informasi, maka istilah Ners memamg masih sangat awam.

Dari kedua opini antara Ners <==> Mantri/Suster, sekiranya menjadi sedikit pemahaman dari segi tingkat informasi masyarakat tentang keberadaan profesi perawat, setidaknya ini menjadi pemacu untuk semua teman sejawat dapat memberikan pengertian dan pemahaman akan pentingnya profesi Ners.

2 komentar:

Posting Komentar

Prev Prev Home